Minggu, 01 Mei 2011

Profile Program studi Fisika

Sejarah
Program Studi Fisika berdiri melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti, Departemen Pendidikan Nasonal No. 1192/DT/2006 tanggal 10 Juli 2006 dengan membuka program Sarjana (S1) yang berada di bawah Rektor. Sejak tahun 2007, dengan adanya Fakultas MIPA yang ditetapkan dengan Keputusan Rektor No. 10147/H18/HK/2007 tanggal 25 Agustus 2007, Program studi Fisika berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Dalam perkembangan selanjutnya setelah hampir dua tahun berjalan, Izin Penyelenggaran diperpanjang oleh Dikti dengan SK No. 4798/D/T/2008 tanggal 31 Desember 2008 yang berlaku sampai dengan 31 Desember 2012.
Proses pembelajaran dilakukan PD Fisika yang didukung oleh tenaga akademik berusia relatif muda dengan usia sekitar 40 tahun dengan sebagian besar berlatar belakang S2. Pada tahun 2010, PS fisika mempunyai 1 orang dosen berpendidikan S3, 4 orang sedang melanjutkan studi S3, dan 6 orang berpendidikan S2. Dosen PS Fisika berlatar belakang ilmu pengetahuan yang bervariasi dan telah tergabung di dalam group riset sesuai dengan bidang keahliannya. Group riset ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyrakat pengguna, dijalankan untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan yang sekarang dan yang akan datang, dan sebagai sarana untuk mewujudkan visi dan misi dari program studi Fisika.
PS Fisika FMIPA Universitas Mataram dipimpin oleh ketua Program Studi dibantu oleh seorang Sekertaris yang dipilih secara demokratis pada rapat yang dihadiri oleh dosen dan karyawan. Dalam menyelenggarakan aktivitas Program Studi, Ketua Program studi dibantu Tata Usaha (TU) untuk melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan keadministrasian baik akademik maupun kemahasiswaan. PS Fisika mengadakan pertemuan rutin setiap bulannya yang dipimpin oleh Ketua Program Studi atau Sekretaris Program Studi untuk membicarakan permasalahan Program Studi atau hal-hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan proses belajar mengajar.
VISI DAN MISI
Visi Program Studi Fisika adalah terciptanya sistem pendidikan Fisika yang bermutu secara profesional dan berkelanjutan di UNRAM guna menghasilkan lulusan FISIKA yang berkualitas, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi inovatif berbasis sumberdaya lokal dalam rangka mendorong laju pembangunan ekonomi di kawasan Timur Indonesia (KTI).
Untuk menuju Visi tersebut, maka misi Program Studi Fisika yang sejalan dengan fungsi tridarma pendidikan tinggi meliputi misi pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat adalah menyelenggarakan:
Ø  1. Pendidikan Fisika yang bermutu secara profesional dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam rangka menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu fisika yang kuat untuk menunjang pengembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi inovatif berbasis sumber daya lokal.
Ø  2. Penelitian bidang fisika secara profesional dan berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam rangka menunjang pembelajaran fisika bermutu, dan pengembangan tekhnologi inovatif berbasis sumber daya lokal.
Ø  3. Diseminasi ilmu pengetahuan fisika terkini secara berkesinambungan kepada pemerintah daerah, sekolah menengah dan masyarakat, untuk dijadikan landasan pengambilan kebijakan dalam rangka penerapan tekhnologi iovatif berbasis sumberdaya lokal , untuk memacu pencarian sumber daya alam baru, dan pertumbuhan ekonomi di Kawasan timur Indonesia (KTI).
BIDANG MINAT
Fisika Elektronika dan Instrumentasi. Ditujukan untuk menghasilkan lulusan yang mampu berkarya, merencanakan dan melaksanakan penelitian di bidang instrumentasi, mampu membuat interfacing dan otomatisasi instrumentasi, melakukan kontrol kualitas instrumentasi serta mengembangkan instrumentasi berbasis elektronika dan komputer.
Geofisika. Ditujukan untuk menghasilkan lulusan yang mampu berkarya, merencanakan dan melaksanakan penelitian di bidang geofisika yang terkait dengan sistem kebumian, sifat batuan, kebencanaan, eksplorasi sumber daya alam serta pemecahan masalah lingkungan.
Fisika Teori dan Komputasi. Ditujukan untuk menghasilkan lulusan yang mampu berkarya, merencanakan dan melaksanakan penelitian di bidang fisika teori dan komputasi, mampu melaksanakan kajian-kajian yang terkait dengan pengembangan  dasar-dasar keilmuan fisika dan menerapkan teori-teori dengan simulasi komputer untuk berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar